Sabtu, 16 November 2013

SEJARAH PASKIBRA


SEJARAH PASKIBRA

Sebelum mengenal dan mengetahui tentang PASKIBRA lebih jauh, kita harus mengetahui terlebih dahulu, bagaimana PASKIBRA bisa terbentuk hingga sekarang ini.
Sebenarnya PASKIBRA lahir dari PASKIBRAKA (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) yang bertugas sekali dalam seumur hidup untuk mengibarkan duplikat bendera pusaka pada saat hari kemerdekaan, setiap tanggal 17 Agustus di istana negara.
Seiring berjalannya waktu, PASKIBRAKA tidak hanya terbentuk untuk mengibarkan duplikat bendera pusaka di istana negara saja, tetapi terbentuk PASKIBRAKA di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk mengibarkan duplikat bendera pusaka. Anggotanya di pilih melalui seleksi dari pelajar tingkat SMA/SMK Sederajat.

 

Untuk menumbuhkan rasa persatuan bangsa dan untuk menciptakan generasi yang cinta kepada tanah air, bangsa dan negara, pengibaran bendera tidak hanya di laksanakan pada saat hari kemerdekaan saja, tetapi pada saat Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) lainnya, seperti pada hari kesaktian pancasila, hari sumpah pemuda, dan hari pahlawan. Biasanya di laksanakan pengibaran bendera oleh anggota PASKIBRA di tempat dinas para pejabat, sehingga di setiap daerah kota/kabupaten terbentuk anggota PASKIBRA.
Sebagai praktek dari pelajaran pendidikan kewarganegaraan, setiap hari Senin pagi di setiap sekolah selalu di laksanakan upacara pengibaran bendera, sehingga terbentuk anggota PASKIBRA di setiap sekolah dalam bentuk ekstakurikuler.
Paskibra di sekolah tidak hanya di ajarkan cara baris-berbaris agar bisa mengibarkan bendera saja, tetapi di ajarkan ilmu-ilmu lainnya yang berhubungan dengan bela negara, seperti ilmu kepemimpinan yang bisa di terapkan dalam kehidupan sehari.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar